Sri Mulyani Tiba-tiba Bicara Soal Netralitas Pemilu, Simak!

Sri Mulyani Tiba-tiba Bicara Soal Netralitas Pemilu, Simak!

Menteri Keuangan Sri Mulyani. (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta seluruh jajarannya untuk tetap bersikap netral dalam masa-masa jelang penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pernyataan itu Sri Mulyani sampaikan saat memberikan pidato dalam Rapat Kerja Pimpinan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan, di Sentul, Bogor (24/1).

“Tahun Pemilu https://213.142.147.151/ vjaga sikap kita, netralitas itu adalah sesuatu yang sudah menjadi keharusan,” kata Sri Mulyani dikutip dari keterangan resmi di website Kementerian Keuangan, Jumat (26/1/2024).

Menurut Sri Mulyani, sikan netral pegawai Kementerian Keuangan merupakan bentuk nilai kepribadian aparatur sipil negara (ASN) yang hanya patuh terhadap aturan perundang-undangan dan tata krama, bukan diatur pihak lain.

“Anda bisa punya preferensi apa saja lakukan pada saat anda di kotak suara. Itu adalah value yang menunjukkan bahwa kita sebagai manusia diatur oleh undang undang dan diatur oleh tata krama,” tuturnya.

Dalam pidato itu, ia pun secara khusus meminta kepada jajaran DJBC untuk fokus menjalankan tugasnya sesuai 4 tugas khusus, yaitu trade facilitator, industrial assistance, community protector, revenue collector.

Ia pun mengimbau kepada seluruh jajaran bea dan cukai untuk dapat menghidupkan kembali semangat leadership, ownership dan ketahanan untuk dapat menghadapi situasi dunia yang begitu tidak pasti akibat dari tensi geopolitik yang menguat.

Selain itu, Sri Mulyani juga mengingatkan pentingnya bagi jajarannya untuk merespons isu krusial seperti climate change, digitalisasi, dan pertumbuhan demografi Indonesia. Termasuk upaya Indonesia untuk keluar dari perangkap negara berpendapatan menengah atau middle income trap, menuju Indonesia maju.

“Di satu sisi Indonesia jumlah populasinya naik, kita ingin menjadi negara kaya, maju. Maka nanti tugas Anda menjadi jauh lebih kompleks. Community protector nya menjadi sangat complicated. Karena selain teknologi berubah, mobilitas dunia masyarakat bergerak sangat cepat,” ungkap Sri Mulyani.

Dengan demikian, Menkeu mengatakan agar seluruh jajaran DJBC dapat senantiasa meningkatkan sinergi, kolaborasi, support, dan kepercayaan antar unit di lingkungan kementerian keuangan maupun dengan institusi lain, serta dapat mengelola sumber daya yang dimiliki dengan baik.

“Saya yakin akan bisa melewati ujian-ujian yang tidak mudah. Jadi tolong manajemen leadership, resources dikelola dengan baik hubungan antar unit ke atas maupun horizontal dengan institusi lain. Itu tugas yang harus Anda lakukan,” ucap Menkeu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*